edit
Saat proses pembuatan tanaman hidroponik

Sebagaimana yang telah kita ketahui di artikel sebelumnya bahwa wirausaha ialah salah satu usaha yang dapat dicoba untuk memenuhi kebutuhan ekonomi di masyarakat apalagi hal itu dapat dipelajari oleh pelajar yang ingin menambah pengalaman kerja  serta menambah uang saku, ataupun untuk meringankan beban orang tua.

Adapun kewirausahaan yang dilakukan pelajar SMA negeri 5 Pontianak, ialah :

  1. Membuat kuliner nusantara

Kita disini diajarkan bagaimana cara mengolah masakan nusantara yang baik dan benar, mencari lokasi strategis untuk membuka usaha kuliner, dan cara mengajak konsumen agar dapat tertarik dengan usaha kuliner kita.

2. Mengolah Tanaman Hidroponik

Kalian udah tau belum apa itu tanaman hidroponik??

Tanaman hidroponik ialah suatu cara menanam tumbuhan menggunakan media air, tanpa sama sekali menggunakan media tanah. Jadi, tanaman hidroponik cocok buat kamu yang punya rumah kurang lahan dan struktur tanah tidak memungkinkan untuk bercocok tanam.

Proses pembuatan tanaman hidroponik

Dan juga menurut saya pribadi, saat pertama kali mengolah tanaman ini cukup mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi hasil yang akan didapat bisa 2 x lipat dari modal awal, serta nggak perlu repot-repot menyiraminya lagi.

Hasil dari tanaman hidroponik setelah 1 minggu

3. Menjual nasi (nasi kuning, nasi goreng, dan nasi uduk )

Dari salah satu organisasi yang ada di SMA N 5 yaitu RoKris (Rohani Kristen), mereka menambah dana untuk kegiatan organisasi melalui penjualan nasi yang diadakan beberapa kali dalam seminggu.

4. Menjual makanan ringan

Selain kami diajarkan dalam kuliner nusantara, kami juga diajarkan bagaimana membuat makanan ringan, menjajakannya dari kelas ke kelas saat istirahat dan menghitung keuntungan dengan benar.

Keripik “Ulat Sutra Meriang”

5. Bisnis berbasis online

Semakin berkembanganya zaman dan tingginya ilmu teknologi, semakin mudah pula kita dalam melakukan usaha seperti jualan online.

Seperti yang dijalankan oleh pelajar SMA N 5, kebanyakan mereka membuka usaha online melalui sosmed seperti di bbm, line, instagram, maupun di facebook. Kebanyakan mereka menjual pakaian, tas, kosmetik, sepatu, maupun makanan.

screenshot_2016-09-28-07-09-49

Salah satu olshop melalui sosmed bbm

Seperti saya, yang membuka bisnis online melalui Page di facebook. Kalian bisa klik link ini https://www.facebook.com/BusanaTerbaruStore atau search di facebook : Busana Terbaru Store (Localistic Store).

Disana tersedia pakaian yang fashion trendy. Tidak hanya itu, juga tersedia berbagai MakeUp, tas, sepatu, Masker,Jilbab, dll.

Dan jika kamu yang berminat dalam bisnis online seperti diatas, pasti nya perlu koneksi yang cepat, murah, dan stabil, benar bukan?? Kalian dapat menggunakan salah satu produk dari Telkomsel yaitu LOOP.

fa_poster_703x386

Kartu LOOP ini telah didukung dengan jaringan 4G yang super cepat, dan pastinya kalian nggak akan nyesal pake dan bisa sering-sering eksis di sosial media, karena jaringan kuat Telkomsel bakal mendukung semua aktivitas kamu sepanjang hari, dimanapun dan kapanpun di seluruh nusantara.

Sekian dari saya, mudah2an apa yang telah saya tulis dapat bermanfaat bagi kalian terutama bagi pelajar tingkat SMA yang ingin memulai suatu usaha yang sesuai dengan minat dan kepribadian masing-masing..

Jika kau tak bisa menjadi yang terbaik, maka jadilah yang berbeda– Indra Frimawan.

 

Author by : Nurul Rifdiawati (XI IPA 1)